Ciri-ciri Rumah atau Warung di Tabur Tanah Kuburan dan Cara Mengatasinya

 

Ciri-ciri Rumah atau Warung di Tabur Tanah Kuburan dan Cara Mengatasinya

Yang namanya Orang Iri, segala cara ia lakukan untuk membuat orang lain menderita. Alasannya itu mungkin karena dendam atau persaingan bisnis bahkan ada karena warisan. 

Salah satunya adalah (nyiam tanah sema) nabur tanah kuburan yang di lempar ke rumah korban atau warung korban. 

Kalau di Bali ini masih banyak terdengar seperti ini, dan ada yang menabur tanah kuburan dicampur tulang hewan dengan doa-doanya. nyiam tanah sema ini membuat orang sakit-sakitan dan menderita. 

Berikut ini adalah ciri-ciri rumah atau warung yang di Tabur tanah kuburan: 

Sakit tak wajar 

Ada salah satu keluarga yang terkena penyakit diluar batas kewajaran atau tak wajar.

Bau Busuk 

Selalu tercium bau busuk di pekarangan rumah, bahkan sering ada suara ledakan di atas rumah atau tempat usaha atau warung tidak tahu apa penyebabnya. 

Merasa ada yang ngawasi 

Merasa ada yang mengawasi, kadang melihat penampakan Saat berada disalah satu ruangan atau melihat cahaya yang misterius. 

Makanan cepat basi

Jika anda membuka usaha di bidang makanan, maka setiap hidangan makanan yang disediakan cepat basi, bahkan ada belatung di bahan makanan. 

Pelanggan batal mampir 

Banyak pelanggan yang sudah parkir batal masuk, bahkan sudah masuk balik lagi.

Pendapatan menurun

Pendapatan perhari semakin menurun, karena penyebabnya di atas. 

Cara mengatasinya 

Jika anda merasa rumah anda terkena tanah kuburan karena ulah musuh atau orang iri persaingan bisnis ini, maka anda harus waspada dan melakukan tindakan. 

Salah satu upaya adalah selalu sembahyang, kalau masyarakat Hindu Bali tetap Mesegeh Rahina Kajang Kliwon, purnama, tileh. Lukat rumah dengan bungkak nyuh gading atau Tirta dari griya atau segara. Jika petunjuk diatas anda merasa kurang, silakan ditanyakan kepada orang pintar ataupun Nunas di griya. 

Semoga artikel ini bermanfaat

Ini Dia Penghasilan Tiktok, Wah Melebihi YouTube!

 

Ini Dia Penghasilan Tiktok, Wah Melebihi YouTube!

Popularitas TikTok di seluruh dunia sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Berkat ketenarannya, aplikasi buatan ByteDance asal China ini berhasil mencetak pendapatan sebanyak USD110 juta atau sekitar Rp1,5 triliun di bulan Februari 2021.

Dengan pendapatan tersebut, TikTok kini menyandang sebagai aplikasi non-game dengan pendapatan terbesar di dunia oleh Sensor Tower.

Dalam laporan Top Grossing Worldwide for February 2021, yang dikutip laman resmi Sensor Tower mencatat angka pendapatan TikTok 9 kali lipat lebih besar dibandingkan Februari 2020.

Penyumbang terbesar bagi pendapatan TikTok berasal dari China, yakni 79 persen. Disusul Amerika Serikat (AS) sebesar 8 persen, dan Turki sebesar 3 persen.

Sementara, aplikasi yang berada di posisi kedua dari daftar aplikasi dengan penghasilan tertinggi adalah YouTube. Media sosial di bawah naungan Google itu meraup lebih dari USD82 juta atau sekitar Rp1,1 triliun.

Masih berdasarkan laporan yang sama, penghasilan YouTube disebut meningkat sebesar 23 persen secara year-on-year dibandingkan Februari 2020.

Sensor Tower melihat bahwa pendapatan YouTube paling besar berasal dari Amerika Serikat yang menyumbang 51 persen, kemudian diikuti Jepang yang menyumbang 12 persen.

Sebelumnya diberitakan, TikTok juga menyabet predikat aplikasi non-gaming yang paling banyak diunduh, dengan jumlah unduhan lebih dari 56 juta kali. Diikuti Facebook dengan jumlah unduhan lebih dari 45 juta kali.

Ini Ternyata Alasannya, Kenapa Harus Mandi Ketika Pulang Dari Melayat

Om SwastyAstu... 

Semoga kita dalam lindungan Ida Hyang Widhi Wasa... Dalam artikel kali ini masih dalam Budaya Bali - tata Titi ngaben alasan harus mandi ketika pulang dari melayat. 

Cuntaka adalah suatu keadaan yang tidak suci menurut pandangan agama Hindu. Masa kotor atau leteh yang populer disebut Cuntaka dan Dalam istilah bahasa Bali-nya ketika ada keluarga meninggal disebut dengan "Sebel". Dalam tradisi Hindu, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang dinyatakan ‘cuntaka’, tidak suci, kotor secara niskala, alam gaib. Ketika seseorang dinyatakan cuntaka, maka dia tidak dibolehkan melakukan kegiatan suci, yang berhubungan dengan hal-hal rohani, seperti membaca kitab suci, memasuki tempat suci, sembahyang, membuat upacara/upakara, piodalan, dan lain sebagainya.

Penerapannya dalam kehidupan sosial masyarakat khususnya di Bali, kata cuntaka disamakan dengan kata “sebel”. Sebel (dalam bahasa Bali) berarti berhalangan karena kematian, haid, halangan keluarga, dan lain sebagainya.

“Setelah mengiringi mayat seorang apakah keturunan laki-lakinya atau bukan (ke tempat pembakaran mayat) seseorang dapat bersih lagi (dari cuntaka) dengan mandi, menyentuh api, dan minum mentega yang jernih". [Parasara Dharmasastra III.50]

Contoh kasus bertemu mayat tanpa sengaja. Pada suatu hari, ada seseorang mengirim bunga rangkai ke rumah duka rumah sakit angkatan darat. Orang itu masuk ke ruangan dimana ada banyak orang yang sedang menikmati jajan camilan. Dia mengira orang yang meninggal sudah dikubur. Setelah berada di dalam kamar, terlihat sebuah peti jenazah. Petinya terbuka lebar dan didalamnya terdapat mayat tidur nyenyak, ditutupi kain transparan.

Menurut ajaran Hindu dan tradisi di Bali, ketika seseorang bertemu mayat tanpa sengaja, maka ia dinyatakan kotor secara niskala (rohani). Didalam kitab Parasara Dharmasastra dijelaskan bahwa seseorang yang cuntaka karena bertemu mayat di jalan (termasuk bertemu mayat tanpa sengaja), maka ia dapat menyucikan diri dengan memandang matahari. Ada baiknya setelah memandang matahari beberapa saat, kemudian diikuti dengan mengucapkan nama suci Tuhan.

Jodoh adalah Buah Karma Kita, Kutipan Hindu

 Ternyata Jodoh sejati yang Tuhan berikan kepada kita, yang merupakan hasil dari buah karma kita. 



Jika Orang itu baik, maka jodohnya akan baik, jika orang itu jujur, maka jodohnya pun akan orang jujur, dan jika orang itu penyayang maka jodohnya pun orang penyayang. 

Hanya Karma Wesana yang paling menentukan baik atau buruk jodoh orang tersebut. 

Manusia memilih, manusia berencana, namun yang menentukan takdir adalah Tuhan sendiri. 

Orang-orang yang sudah memiliki sifat-sifat pembawaan yang buruk di kehidupan ini, kalau mereka benar-benar cerdas sehingga tahap demi tahap mereka berusaha memperbaiki sifat buruknya itu, bukan malah dibiarkan, atau menunggu disaat yang tepat baru mulai, karena di kehidupan hari ini sudah jadi START nya.

Memperbaiki sifat pembawaan memang tidak mudah, butuh banyak pengorbanan dan waktu, namun apabila dengan ketabahan yang tulus ikhlas dapat melakukan ini maka Astungkara, Dharma selalu menjadi pedoman kita.

Berbuat Dharma dengan Ikhlas, tanpa mengharapkan jodoh yang baik adalah jawabannya.

Tuhan bersabda dalam sloka Bhagavad-Gita:

Barang siapa yang menyerahkan semua kegiatan kepada Ku, dan menyerahkan dirinya seutuhnya kepada Ku, maka akan Ku berikan yang tidak ia miliki, dan akan Ku jaga apa yang ia miliki.” .

 Selalulah berbuat baik. 

Jodoh Dalam Hindu: Ini 5 Pura Di Percaya Untuk Memohon Jodoh

 

Jodoh Dalam Hindu: Ini 5 Pura Di Percaya Untuk Memohon Jodoh

Hampir 100% masyarakat Indonesia memiliki keinginan untuk menikah, menjalani kehidupan dengan pasangan dan ingin memiliki generasi penerus. 

Namun, kendalanya saat ini adalah susahnya mencari pasangan yang sesuai dan menerima dengan hati yang murni, dari sebab itu banyak sekali para jomblo yang mengharapkan memiliki pasangan/jodoh yang bisa menerima apa adanya. Di artikel ini saya menulis tentang 5 pura yang diyakini dan dipercayai untuk memohon jodoh di Bali yang mana sesuai petunjuk Ratu Sesuhunan, oke langsung saja kita check it out:

5 Pura di Bali di Diyakini atau Dipercaya Memohon Jodoh yang Sesuai Petunjuk Sesuhunan 

1. Pura Puncak Sari

5 Pura di Yakini atau Dipercaya Untuk Memohon Jodoh di Bali

Berlokasi di Banjar Anyar, Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Letaknya yakni di kaki Gunung Batukaru.Pura ini ditemukan oleh seseorang yang bernama Pan Rumrum sewaktu Kerajaan Tabanan masih berjaya. Di pura ini, banyak pemedek yang memohon perlindungan, juga memohon jodoh dan konon terbukti, mereka yang bertemu di sini akhirnya berjodoh dan menikah.

2. Pura Peneduhan

5 Pura di Yakini atau Dipercaya Untuk Memohon Jodoh di Bali

Keberadaan Pura Peneduhan berlokasi di Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Pura Peneduhan ini diempon oleh 65 kepala keluarga yang tersebar di Banjar Sanggulan, Banjar Demung, dan Gerokgak Gede, Tabanan seperti Pemaksan. Beberapa orang juga meyakini bahwa Pura Peneduhan merupakan tempat untuk memohon keturunan ataupun pasangan, dan konon terdapat beberapa orang sudah membuktikannya.

3. Pura Tirta Sudamala Buleleng

5 Pura di Yakini atau Dipercaya Untuk Memohon Jodoh di Bali

Pura ini letaknya tak jauh dari Kampus Tengah Undiksha. Lokasi persisnya yakni di Jl. Teratai, Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Banyak yang datang ke pura ini untuk memohon jodoh, kesehatan, keselamatan, dan bahkan memohon agar diberi jabatan

4. Pengayengan Ratu Niang

5 Pura di Yakini atau Dipercaya Untuk Memohon Jodoh di Bali

Pengayengan Ratu Niang ini terletak di Denpasar, tepatnya di Jalan Kumbakarna, Denpasar. Pengayengan Ratu Niang ini berbentuk patung pendeta wanita dan letaknya sangat dekat dari Pasar Wangaya. Konon di sini banyak orang yang memohon agar mendapatkan jodoh dengan menghaturkan persembahan berupa sirih dan tembakau.

5. Pura Teluk Terima 

5 Pura di Yakini atau Dipercaya Untuk Memohon Jodoh di Bali

Pura ini dikenal dengan kisah cinta Jaya Prana dengan Layonsari sehingga disebut pula dengan Pura Jaya Prana. Letaknya di tengah kawasan Taman Nasional Bali Barat, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng.  Di pura ini, banyak pemuda-pemudi yang tangkil dan berharap agar mendapatkan jodoh. Bagi sepasang kekasih yang tangkil juga berharap agar hubungan cinta mereka dapat terjalin abadi.

Mungkin Anda yang sudah lama sendiri bisa tangkil ke salah satu Pura ini, semoga cepat dapat jodoh, astungkara.

Numitis Jadi Lintah. Dosa Selingkuh Menurut Hindu Bali Tak Ada Tirta Penglukatan (Alm Ida Pedanda Made Gunung)

 

Numitis Jadi Lintah. Dosa Selingkuh Menurut Hindu Bali Tak Ada Tirta Penglukatan (Alm Ida Pedanda Made Gunung)
Banyak video dari alm Ida Pedanda Gunung yang membuat kita berpikir untuk berbenah menjadi baik, dan banyak pula orang-orang yang tak berubah malah semakin tua semakin kacau, terutama dalam rumah tangga dimana semakin berumur kelakuan mereka semakin menjadi-jadi. 

Ini sengaja saya tulis kembali tentang Dosa Memitra/selingkuh menurut Hindu Bali, yang saya kutip dari Dharma Wecana Alm Ida Pedanda Gunung. Bagi yang membaca tulisan ini dan melakukan hal yang tidak baik untuk orang lain segeralah berbenah dan berubah, jika Anda memang mengerti dan beragama Hindu. Atau mau memilih saat renhkarnasi di kehidupan nanti ingin jadi lintah? Atau karma buruk yang datang menimpa! Percayalah Karma itu ada, walau tak datang hari ini. 

Dosa selingkuh Menurut Hindu Bali 

Siapapun Anda yang terjerumus dalam dunia gelap perselingkuhan dan melukai hati orang lain... Ingat, jika sampai akhir ayat tak ada perubahan dan berbenah dalam perbaikan moral, dalam kehidupan nanti siap-siaplah renhkarnasi menjadi makhluk rendah (lintah). Sangat sulit untuk menjelma kembali menjadi manusia. 

Dan dalam Dharma Wecana Ida Pedanda Gunung, Ida juga menjelaskan tidak ada satupun mantra dari lontar yang beliau baca tentang melebur dosa selingkuh dari 125 lontar yang ada. 

Jadi, mau berubah atau tetap ingin menyakiti hati orang lain dan numitis jadi lintah? Apapun itu, Anda yang menentukan... Karma - Dharma Anda sendiri. 

Jangan Terlalu! Ini Bagian Hak Waris Wanita Dalam Hindu

 

Jangan Terlalu! Ini Bagian Hak Waris Wanita Dalam Hindu
Perkembangan kehidupan yang kian maju tidak membuat kedudukan wanita setara dengan pria. Bahkan di Bali, dalam sistem pewarisan, masih ada diskriminasi. Ada pandangan di masyarakat Hindu, khususnya di Bali, yang menganggap anak pria saja yang berhak mewaris.

Namun jika diperhatikan lebih jauh pasal-pasal hukum Hindu mengenai warisan, ternyata masih ada ketentuan lain yang memungkinkan anak wanita sebagai pewaris. Dalam Manawa Dharmasastra IX. 127-139 diuraikan bahwa anak wanita juga berhak sebagai pewaris, yaitu : 

a. Jika anak wanita itu diangkat statusnya ke status pria (putrika), anak itu akan berhak sebagai pewaris seperti anak pria.  

Hal ini terkait dengan upacara sraddha (pitra yajna). Upacara ini secara tradisi dilakukan oleh anak pria, tetapi jika tidak ada anak pria dalam keluarga, perubahan status dari anak wanita ke status pria dianggap perlu dilakukan.

Jadi perubahan status ini bukan karena warisan. Demikian juga untuk meneruskan keturunan. Jika keluarga tidak mempunyai keturunan pria sebagai penerus, orang tuanya dapat merubah status anak wanitanya. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi bentuk perkawinannya yaitu patrional menjadi matrional.

b. Anak wanita yang belum kawin harus diberi warisan sebesar seperempat bagian perolehan anak pria. 

Norma ini diuraikan dalam Manawa Dharmasastra IX. 118, yang pada hakekatnya hal itu dianggap memberikan kedudukan bagi anak wanita untuk memperoleh haknya secara pasti asalkan anak itu belum kawin saat pembagian warisan. Anak wanita yang sudah kawin dianggap "keluar".

Sebab itu dia tidak berhak memperoleh perolehan itu, kecuali harta pemberian yang diberikan kepada pewaris, baik sebelum kawin maupun sebagai hadiah perkawinan; atau diperoleh dari saudara-saudaranya.

c. Ibu dan nenek (wanita) bisa menjadi pewaris. 

Dalam Manawa Dharmasastra IX. 217. yo. 257 disebutkan, wanita sebagai pewaris, yakni ibu sebagai pewaris; jika anaknya meninggal tanpa turunan. Jika Si ibu tidak ada (meninggal) maka harta warisan akan diwarisi neneknya.

Maka dapat dikatakan, ada dua pendapat hukum dalam bidang pewarisan Hindu. Pertama, pendapat bahwa wanita tidak berhak mewaris. Kedua, pendapat anak wanita juga berhak mewaris sebagaimana anak pria lainnya, hanya besaran perolehannya tidak sama. Dalam Manu Smerti, bab IX. 105 di sebutkan kekuasaan diberikan orang tua kepada anak pria tertua sebagai penggantinya. Adik-adiknya harus tunduk pada kakaknya itu sebagaimana mereka tunduk pada orang tuanya ketika masih hidup.

Hal itu harus ditafsirkan bahwa kedudukan anak tertua sebagai pengganti orang tua; ia sebagai pemegang kuasa. Dalam hukum adat Bali ini disebut hukum mayorat (kebapaan).

Dalam bab IX. 104 dan 111 diuraikan, untuk kebahagiaan maka harta benda harus dibagi. Kekuasaan dapat diberikan kepada anak pria lainnya yang lebih muda. Jika sifat anak sulung itu meragukan, orang tua berkuasa menentukan kepada siapa yang akan mengurus harta benda tersebut kelak setelah ia meninggal.

Dalam hukum Hindu berbagi warisan atau tidak, tergantung atas kemanfaatannya. Jika dengan berbagi itu akan lebih bermanfaat bagi anggota yang berhak, berbagi itu akan lebih baik daripada tidak berbagi. Jadi asas mayorat tidaklah mutlak. Manu Smerti IX. 139, menguraikan asas parental juga berlaku dalam pembagian waris. Diuraikan, anak cucu dari anak pria maupun cucu dari anak wanita, tidak ada perbedaan, karena cucu dari anak wanita itupun akan menyelamatkan dirinya seperti halnya cucu dari anak pria.

Hukum Hindu dalam warisan tidak menganut asas manunggal, melainkan masih memungkinkan berlaku kedua asas kekeluargaan itu. Tidak semua harta warisan bisa dibagi, sebab dikenal berbagai jenis harta yaitu harta warisan yang tidak boleh dibagi (harta pusaka yang bernilai ekonomi atau tidak seperti tempat suci, benda-benda sakral). Harta warisan yang boleh dibagi adalah harta warisan berwujud dan harta warisan tidak berwujud, yakni semua harta warisan yang dibawa dalam perkawinan. Juga ditegaskan harta bapak yang diwariskan kepada anak pria sedangkan harta ibu diwariskan kepada anak wanita. 

Terhadap harta bapak yang dibawa ke dalam perkawinan, baik pusaka atau tidak, anak wanita berhak mewarisinya saat ia masih gadis, jika terjadi pembagian waris, walaupun hanya seperempat bagian anak pria.

Tetapi jika anak wanita kawin, pembagian itu berdasarkan sukarela. Perlu dipahami, perkawinan dalam Hindu menempatkan istri sebagai yang tak terpisahkan dari suami. Itu berarti apa yang diwarisi atau dimiliki suami adalah juga hak dan milik istri. Harta waris yang berfungsi sebagai penanggung beban, sepatutnya tidak diberikan pada anak wanita yang kawin (bukan sentana rajeg).

Selama ini sering orang salah menilai kedudukan wanita Bali. Umumnya kedudukan wanita Bali baik yang sudah kawin maupun belum, tidaklah hina dalam kekeluargaan yang bersifat kebapaan.

OM Shanti.

Wanita yang Hebat adalah Wanita Pekerja Keras! Dan Tak Berharap Dari Hasil Suami dan Warisan Sang Mertua

 Mengapa wanita perlu mandiri finansial?

payanadewa.com

Wanita setelah menikah, menjadi orang lain di rumah kelahirannya sendiri, menjadi orang asing di rumah keluarga suami.

Di rumah orang tua yang melahirkan kehilangan HAK dan di rumah keluarga suami tidak benar-benar punya HAK. Sehingga, kemandirian, ketabahan sangat dituntut.

Wajah yang begitu cantik dan imut-imut seperti boneka barbie tidak ada gunanya lagi, karena suami, keluarga suami tidak butuh boneka mainan. Dongeng Cinderela pun hanya ada di dunia khayalan, dongeng yg tidak relevan lagi.

Pangeran tampan dan mapan tentu yang di cari adalah wanita cantik, berkelas dan selevel pula. Alih alih berangan di buatkan istana bak surga dan diberlakukan seperti permaisuri. Yang ada, kebanyakan pasangan baru mulai dari NOL bahkan MINUS. Itulah hidup wanita, dimana semua harapan terkadang tidak sesuai kenyataan, karena sejatinya hidup tak semulus jalan tol.

Karena wanita hebat itu setidaknya mempersiapkan dirinya dengan Ilmu dan Skill, untuk survive dan maju di jalan yang terjal. Wanita hebat, tidak berharap dari kerajaan suami atau warisan mertua.

Tapi, wanita hebat membangun kerajaan dan menjadi ratu di kerajaannya sendiri, dengan hasil kerja payahnya sendiri. Mari berjuang para wanita. Jadilah ISTRI bukan HOUSE MAID yg bangun pagi masak, nyuci, siapin sarapan, siapin pakaian, bersihin rumah, ngurus anak. Ironisnya masih DI TUDUH TIDAK KERJA. 

Hari Baik dan Buruk Potong Rambut Menurut Hindu Bali

 

Hari Baik dan Buruk Potong Rambut Menurut Hindu Bali

Di Bali masyarakatnya sangatlah peka terhadap apapun yang ada disekelilingnya, dari hal yang besar sampai hal yang paling kecil sekalipun. 

Merawat alam adalah pokok ajaran agama Hindu Bali, menjaga keseimbangan sebagai ajaran adi luhung para pendahulu. Terlepas dari merawat bhuana agung atau alam, bagi orang Bali yang identik dengan kesucian, merawat diri tentu saja menjadi pedoman utama, namun dalam hal ini bukan merawat diri dalam artian berhias, selain dengan cara melukat, dalam keseharian bahkan dalam memotong rambut pun orang Bali sangat fanatik dalam memilih hari yang baik untuk memotong rambut. Entah bagaimana dan sejak kapan hal itu sangat dipercayai dan dipegang teguh oleh kalangan masyarakat sampai saat ini. 

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat secara baik, bukan saja dengan shampoo, namun dalam artian juga dirawat dengan kesucian, bagi orang Bali apapun yang posisinya di atas seperti rambut yang keberadaannya di kepala, haruslah dijaga.

Di Bali disebut dengan saptawara masing-masing dipercayai memiliki pengaruh yang sangat besar dengan kehidupan. Termasuk dengan hari baik yang dipilih untuk memotong rambut, notabenya hari yang dipilih kebanyakan orang adalah hari Rabu, hari Rabu adalah harinya Dewa Wisnu, simbol memelihara, memelihara kebaikan, hari Rabu juga identik dengan hari raya besar Hindu seperti Buda Cemeng, Buda Kliwon. Sehingga kebanyakan di saat hari itu tukang cukur di Bali di mana-mana biasanya akan padat pengunjung. 

Hari yang uripnya besar (pancawara dan saptawaranya), karena jika memotong rambut di hari yang baik, maka akan berpengaruh juga pada kehidupan dan kelancaran rejeki. Namun selain itu, menurut masyarakat, ada juga hari ataupun dewasa yang dipantangkan untuk memotong rambut, bahkan itu berlaku sampai sebulan lamanya, tepatnya adalah di saat mulai menjelang Galungan sampai setelah Kuningan, atau dikenal masyarakat dengan Nguncal Balung, selama itu masyarakat mengatakan pantang sekali untuk memotong rambut dan juga melaksanakan kegiatan yang tingkatannya besar. 

Karena dikatakan akan berpengaruh buruk pada yang akan dikerjakan. Nguncal artinya membuang kemudian balung artinya tulang. Nguncal balung, bisa diartikan sesudah penampahan tidak diperbolehkan lagi nampah buron, tidak boleh lagi ada rah.

Tentang lokal genius yang berkembang di daérah bahwa tidak boleh memotong rambut selama nguncal balung, ditafsirkan rambut dalam konsép Siwa adalah sebagai lambang nafsu, tidak memotong rambut pada saat itu diartikan tidak memotong jalan menuju Hyang Widhi. Beliau lanjut menjelaskan, nafsu itu tidak mesti dihilangkan, namun perlu dikendalikan, itu sebabnya rambut seharusnya di sisir sebelum melaksanakan acara.

Kita tidak tahu menghilangkan hawa nafsu, namun kita mengetahui pengendalian nafsu, karena nafsu itu juga penting sebagai semangat hidup, namun jangan sampai pula nafsu yang menguasai diri, namun kita yang harus menguasai nafsu tersebut  Kemudian jika dikaitkan dengan mengapa di saat matelubulanan dan metatah rambut di potong sedikit, dijelaskannya, itu juga adalah sebagai simbol mengendalikan nafsu, di sanalah dibutuhkan pemaknaan dan kesadaran yang lebih. 

Simbol dari pengendalian selalu memperhitungkan waktu (kala), kalau kita baik memperhitungkan waktu, maka diharapkan segala kebaikan akan tercapai.

Seperti Ini Proses Perceraian Hindu Bali

Seperti Ini Proses Perceraian Hindu Bali
Semua pasangan menjalin hubungan sampai jenjang pernikahan pasti ingin hubungan mereka erat sampai menutup usia/kakek-nenek. Di tengah-tengah hubungan berjalan pasti ada saja getaran, masalah-masalah yang datang bisa di selesaikan secara cepat dengan membicarakannya bersama dan memperbaiki yang buruk. 

Namun, jika ada pasangan entah si suami atau si istri berkhianat dan tidak setia, jalan akhir adalah bercerai. Dalam Hindu dan di kutip dari Reg Weda bahwa perceraian itu sudah melanggar Yadnya yang sudah dilakukan. Namun pasangan suami dan istri ingin berpisah tentu sudah dipikirkan dengan matang dari kedua belah pihak. 

Baca Juga: Cara Memilih Hari Baik Menikah Menurut Hindu Bali (Dewasa Ayu Nganten)

Proses Perceraian Dalam Hindu Dengan Istilah Tri Upasaksi. 

  1. Butha Saksi, Manusa saksi dan Dewa Saksi dalam upacara perwakinan Hindu Bali.
  2. Butha Saksi, Bebanten yang ditujukan (di ayab) dan diletakkan di bawah (biyakoanan, pekala-kalan, pedengan-dengenan) sebagai pralambang
  3. Manusa Saksi, lebih kepada pengesahan perkawinan sesuai dengan undang-undang perkawinan acara ini dihadiri oleh masyarakat, dimana petugas desa/adat (prajuru). Akta Perkawinan adalah bentuk manusa sakti selaku wakilnya sebagai manusa saksi.
  4. Dewa Saksi, adanya bebanten yang dihaturkan kehadapan Sang Hyang Widhi dan pemerajan/sanggah sebagai perwujudan dewa saksi. 
Dengan prosesi perkawawinan yang dilalui tersebut diatas maka perceraian hendaknya dilakukan sejalan dengan proses perkawinan, maka perceraian patut dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Pasangan suami istri yang akan melangsungkan perceraian, harus menyampaikan kehendaknya itu kepada prajuru banjar atau desa pakraman. Prajuru wajib memberikan nasihat untuk mencegah terjadinya perceraian.
  2. Apabila terjadi perceraian maka terlebih dahulu harus diselesaikan melalui proses adat, kemudian dilan­jutkan dengan mengajukannya ke pengadilan negeri untuk memper­oleh keputusan.
  3. Menyampaikan salinan (copy) putusan perceraian atau akte perceraian kepada prajuru banjar atau desa pakraman. Pada saat yang bersamaan, prajuru banjar atau desa pakraman menyarankan kepada warga yang telah bercerai supaya melaksanakan upacara perceraian sesuai dengan agama Hindu.
  4. Prajuru mengumumkan (nyobyahang) dalam paruman banjar atau desa pakraman, bahwa pasangan suami istri bersangkutan telah bercerai secara sah, menurut hukum nasional dan hukum adat Bali, sekalian menjelaskan swadharmamantan pasangan suami istri tersebut di banjar atau desa pakraman, setelah perceraian.
Perlu disadari kedua belah pihak akibat hukum perceraian adalah sebagai berikut.
  1. Setelah perceraian, pihak yang berstatus pradana (istri dalam perkawinan biasa atau suami dalam perkawinan nyeburin) kembali ke rumah asalnya dengan status mulih daa atau mulih taruna, sehingga kembali melaksanakan swadharma berikut swadikara-nya di lingkungan keluarga asal.
  2. Masing-masing pihak berhak atas pembagian harta gunakaya (harta bersama dalam perkawinan) dengan prinsip pedum pada (dibagi sama rata).
  3. Setelah perceraian, anak yang dilahirkan dapat diasuh oleh ibunya, tanpa memutuskan hubungan hukum dan hubungan pasidikaran anak tersebut dengan keluarga purusa, dan oleh karena itu anak tersebut mendapat jaminan hidup dari pihak purusa.

Artikel diolah dari:

Keputusan Majelis Utama Desa Pekraman Bali(MUDP)

Saat Seperti Ini, Wanita Bali adalah Penunjang Ekonomi Keluarga! Benar?

 

Saat Seperti Ini, Wanita Bali adalah Penunjang Ekonomi Keluarga! Benar?

Sudah setahun Bali tidak di kunjungi wisatawan, para pekerja wisata pun tak ada pemasukan. 

Mungkin judul tulisan ini sedikit menyinggung dan membuat laki-laki Bali marah. Tapi memang kenyataan dilapangan memang wanita Bali lebih (Tuyuh) pekerja keras dan tahan banting.

Bisa Anda lihat, banyak wanita Bali yang bekerja sampingan untuk menambah uang untuk rumah tangga mereka. Coba bisa kita lihat ada wanita Bali yang meburuh ngajang bias, meburuh ngajang kayu, dan jualan Banten dan busung... itu hanya contoh yang saya lihat, berat tidak?

Selain memperhatikan anak dan keluarga yang paling penting selain memasak adalah budaya Bali~ mebabten, rerainan, ngopan, ngayah. Itu memang keharusan dan masih mempunyai kerja penting ada yang jadi PNS, guru, dll.

Sedangkan Suami? 

Disini saya nggak membicarakan semua laki-laki Bali tidak baik atau bagaimana, kebanyakan hanya mempunyai 1 pekerjaan sisanya minum, bebotoh, coba kita berpikir betapa susah dan capeknya wanita kita. Apakah ini kewajiban sebagai wanita Bali?

Tidak seimbang jika bisa kita samakan. Tapi inilah Bali. Dimana wanita selalu di no duakan. Apakah benar? Jika tidak, ini hanya pikiran saya, jika lain, itu beda pemikiran.

Mari, coba kita berpikir jika tidak ada wanita dirumah, apa yang terjadi? Siapa yang ngurus anak, siapa yang mebabten, siapa yang, kebanjar bawa aban-aban? Susah tidak?

Inti dari tulisan ini, bukan menyudutkan laki-laki Bali tidak bagus,, hanya perhatikan wanita lebih, bantu dia jangan sampai dia lelah, sayangi dia, jangan sampai dia sakit, hargai dia, karena dia rela meninggalkan rumah dan keluarganya hanya untuk mengikuti suami yang dia cinta sampai akhir hanyatnya.

Ampura, jika tulisan ini tidak berkenan tapi saya sangat bahagia menulis ini.

Cara Menyembuhkan Penangkeb, Wanita yang Menggerogoti Suami Orang (Ilmu Pemikat Pria)

 

Cara Menyembuhkan Penangkeb, Wanita yang Menggerogoti Suami Orang (Ilmu Pemikat Pria)

Memang saat ini zaman sudah maju, banyak orang yang tak percaya akan kejadian-kejadian yang meliputi seorang pria ataupun suami yang kena Penangkeb (ilmu penakluk pria/suami. 

Namun, masih banyak yang terdengar di masyarakat bahwa ada saja cerita/opini tentang seseorang pria yang terkena Penangkeb ini. Bukan saja dari si istri ke suaminya, tapi tentang wanita lain kepada suami orang, ini terbukti dari saya si penulis! 

Tentang Penangkeb, bisa baca disini... 

Cara Mengobati Pria atau Suami yang Kena Penangkeb 

Banyak cara yang pernah kita dengar untuk menyembuhkan Penangkeb ini dengan melukat, dan mendatangi Balian (orang pintar tapi masih saja belum bisa sembuh karena terlalu dekatnya si pria/suami dengan Wil (selingkuhannya) itu yang memang agak susah untuk di sembuhkan. 

Namun, ada cara yang paling jitu untuk menyembuhkan Penangkeb dari Prempuan yang suka menggerogoti suami orang. 

Caranya adalah lukat dengan "enceh bangkung buang" air kencing babi wanita. 

Ini adalah cara ampuh yang bisa menyembuhkan Penangkeb suami Anda, dan sudah terbukti dari beberapa orang. 

Car Lukat bisa ketis-ketis (bilas) air kencing babi di tempat tidur suami 3x saja, yang pastinya dengan doa dan percayaan Anda. 

Cerita dari tetua...

Cara Mengatasi Ular Masuk Rumah Versi Pemarisudha Prewesa

 

Cara Mengatasi Ular Masuk Rumah Versi Pemarisudha Prewesa
Beberapa hari ini masyakarat khususnya di Bali sering ada kejadian, dinama rumah/paumahan kemasukan ular, kadang ular tersebut berada di tempat tidur, ular didalam almari/bupet, ular di kamar mandi, dan tempat lainnya di dalam rumah.

Banyak sekali ada kejadian seperti ini dan bahkan sering terjadi di masyarakat Bali, tetapi kebanyakan hanya mengandalkan logika dengan cara menaburkan garam di sekitar bangunan (rumah), tetapi nyatanya kedatangan ular lagi dan lagi terjadi terus-menerus.

Jika kita pikirkan hal seperti ini dengan logika sehat, bahwa seekor ular sesungguhnya bertempat di semak belukar atau di pohon-pohon, tapi kenyataannya berada didalam rumah.

Cara Mengatasi Ular Masuk Rumah Versi Pemarisudha Prewesa

Coba kita abil dari kejadian ini hendaknya kita tidak memakai logika lagi, sudah waktunya memakai srada kembali kepada kekuatan alam dengan cara mempercayai dan meyakinkan dengan petunjuk sastra Agama Hindu Bali, yakni Lontar Tutur Sang Hyang Eka Bhuana, bahwa alam memberikan isyarat kepada manusia, karena pekarangan yang demikian adalah termasuk pekarangan angker, sehingga auranya dapat mempengaruhi jiwa orang yang menempati pekarangan tersebut, dapat mengakibatkan selalu munculnya perselisihan antar anggota keluarga sehingga sering muncul keributan, sering menyebabkan keadaan boros atau menemukan marabahaya, oleh karena itu pekarangan yang demikian perlu dibuatkan suatu upacara untuk menetralisir keangkerannya.

Upakara Pemarisudha Prawesa Ular

Mengenai dari upakara pemarisudha adanya prawesa karena adanya ular, dilihat dari dimana ular tersebut ditemukan diantara tri mandala;
  • Jika ditemukan di uttamaning mandala, pemarisudha dilaksanakan ditengah halaman pamerajan
  • Jika ditemukan ular di madyaning mandala, pemarisudha dilaksanakan ditengah halaman pekarangan/paumahan.
Upakaranya sebagai berikut:

Upakara di sanggah kemulan:
  • Banten Pejati
  • Ngajum tirtha 
Upakara di tempat upacara:
  • Banten pejati asoroh
  • Ngajum tirtha
  • Banten sesayut durmengala
  • Segehan sasah warna hijau 11 tanding, ditanding diatas sebuah alat sidi
  • Nasi harus poleng menyerupai ular, beralaskan daun telunjungan (ujung daun pisang udang sabha), berisi bawang jae garam, telor ayam mentah, arak dan berem, masing-masing dialas dengan takir prayascita, dan bayakawonan.
Tata Cara Upacara Pemarisudha Prawesa Ular

Untuk melaksanakan upakara ini, selalu harus menggunakan dewasa ayu, seperti “Kajang Kliwon Uwudan”. Ngastawa kehadapan sang hyang Siwa Raditya sebagai pesaksi, mantra:
Ong aditya syaparanjotir, rakta teja namas tute, sweta pangkaja madyaste, baskara ye namah swaha. ong hrang hring sah parama siwaditya ye namah swaha
Pangestawa kehadapan Bhatara Siwa Druwa resi, mantra:
Ong, na, ma, si, wa, ya, ang, ah, ong, ing, siwa druwa resi maha sidhi ya namah swaha
Sesontengan Saa:
Om pakulun sang hyang siwa raditya, sang hyang wulan lintang tranggana, meraga sang hyang triodasa saksi, sang hyang siwa guru, sang hyang siwa druwa resi, saksinin manusanira angaturaken tadah saji pawitra sprakaraning daksina, anyenengana bethara kabeh, manusanira kekeneng prawesa durmengala ring paumahan ipun marupa ula, mangke manusanira anadaha tirtha panglukatan, sehananing prawesa durmangala ring paumahan muah ring sariran ipun sang
Adruwe umah. Asung kertha nugraha bhetara ngeyogani pinunas manusanira mangda luput ring sarwa lara wigna, matemahan menadi amertha urip waras dirgayusa
Om sidhi rastu ye namah swaha
Mantra Laban:
Sa, ba, ta, a i,sarwa bhuta ya namah swadaNdah ta kita sang bhuta prewesa-prawesi, sang bhuta durwesa-durwesi, sang bhuta durmengala, sang bhuta widura sandhi, maka kala wadwan sira kabeh, mari sira mona, apan sira manadi utusan hyang siwa ruwa resi arpa ula, mangke ingsun paweh sira tadah saji sanggraha, iki tadah sajinira, ngeraris amukti sari, wus amukti raris sumurup sira menadi widyadara-widyadari, aluara sira sakeng paumahan muah sariran ingsun sang adruwe umah, paweha ingsun urip waras, dirgayusa ring kahuripan. ong ing namah. 
Ong bhuktyantu durga ketara, bhuktyantu kala mewaca, bhuktyantu sarwa bhutanam, bhuktyantu pisace sanggyem. Ang...Ah, mertha bhuta ya namah swada, Ang, Ung, Mang, siwamertha ya namah swada
Prelina bhuta mantra:
A, Ta, Sa, Ba, I, Sarwa bhuta murswah wesat, Ang...Ah
Setelah pangastawa tadi, langsung mengucapkan mantra pesucian, mantra:
Ong jalasidhi maha sakti, sarwa sidhi maha tirtha, sarwa tirtha manggala'ya, sarwa papa minasaya, ong sriyam bhawantu, ong sukham bhawantu, ong purnam bhawantu
Sesudah ngaturang tirtha pasucian tersebut, baru percikan tirthanya. namun kalau tidak memakai mantra cukup mencipratkan (memercikan) tirtha penglukanan dari sulinggih saja. percikan tirtha ke seluruh rumah dari sanggah pamerajan sampai ke pintu gerbang (angkul-angkul) dan lebuh;
  • Durmengala bayekawonan
  • Prayascita
  • Tirtha kemulan
  • Tirtha hyang siwa druwa resi
Kemudian ngayabang Banten Pejati, mantra:
Ong hyang angadakaken sari, ong hyang anyumputaning sari, ong hyang angisepaning sarining yadnya lunga-sari-teka-sari (3x) ang ah amertha sanjiwani ye namah swaha ang, ung, mang, siwamertha ye namah swaha.
Kemudian tetabuhan arak berem pada laban tersebut, dengan tata cara:

Berem, kemudian arak (pinaka upethi) Tirtha (pinaka nyomia / stiti)
Arak, kemudian berem (pinaka prelina) pengerstawa kehadapan bhatara hyang guru.

Kemudian memohon penugrahan, mantra:
Ong anugeraham manuharam, dewa datta nugerahakem, yarcanam sarwa pujanam, namah sawra nugerahakem, dewa-dewi maha sidhi, yadnya khartem mulat midem, laksmia sidhis'ca, dirgahayu nirwigna suka werdhi tah
Percikan tirta-tirtha ini ke sanak keluarga:
  • Durmengala
  • Bayekawonan
Prayascita

Sesudah itu, sanak keluarga melakukan persembahyangan bersama sesuai "kramaning sembah". Tunasang tirtha kepada sanak keluarga: tirtha kemulan, tirtha hyang siwa druwa resi. ngayab laban. setelah itu, tempatkan laban pada tempat pertama dilihat ular tersebut, ditutup dengan sangkar ayam/keranjang, biarkan satu malam, keesokan harinya diletakkan di depan angkul-angkul (lebuh), taburkan arak kemudian beremnya. sorenya sudah bisa dibuang.

Versi Lontar Bhama Kertih

Isi dari Lontar Bhama Kertih, pekarangan yang dimasuki ular dapat dikatakan karang panes. Untuk menanggulangi efek negatifnya, dibuatkalah palinggih Indra Blaka di luar rumah.


Demikianlah acara upakara untuk pekarangan kemasukan ular, perumahan kemasukan ular, ular di kamar mandi, ular di kamar tidur, ular di rumah, Perumahan atau pekarangan kemasukan Ular. semoga bermanfaat.