Sushi Patut Dicoba Jika Liburan ke Jepang

  

Sushi Patut di Coba Jika Liburan di Jepang
Sushi patut di coba jika liburan di Jepang. Makanan yang satu ini juga tidak kalah enak dengan makanan khas Jepang lainnya. 

 Sushi adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi dan lauk pauk makanan laut seperti ikan, daging, sayuran. Biasanya sushi merupakan makanan mentah yang telah terjamin kualitasnya. Akan tetapi ada juga tipe sushi yang telah dimasak dan matang.

Enaknya Sushi Patut di Coba Jika Liburan di Jepang

Sebenarnya metode memasak sushi adalah salah satu cara mengawetkan ikan dengan garam, beras, dan cuka. Karena rasanya yang enak, makanan ini semakin banyak penggemarnya di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Untuk memakan menu sushi, biasanya memiliki tahapan dengan memakan sashimi, nigiri, dan sushi. Tujuan memakan sesuai urutan adalah agar rasa ikan tetap terjaga. 

Jenis-Jenis Sushi

1. Sashimi

Merupakan daging ikan mentah yang disajikan tanpa menggunakan nasi. Sebagai gantinya, untuk memakan sashimi dapat mencelupkan daging ikan pada saus yang disediakan.

2. Nigiri

Sushi ini disajikan bersama nasi dan atasnya dilapisi dengan makanan laut mentah. Berbagai jenis makanan laut yang dijadikan nigiri seperti tuna, salmon, gurita, cumi-cumi. 

3. Norimaki

Jenis ini merupakan jenis sushi yang rasa ikannya paling rendah karena berbalur dengan nori (rumput laut) dan nasi. Nasi dan ikan mentah akan dilapisi nori dan digulung membentuk tabung. Selanjutnya sushi ini dipotong-potong dan siap dinikmati.

Sushi patut di coba jika liburan di Jepang. Anda akan ketagihan meski awalnya merasa jijik mengkonsumsi ikan mentah. Tapi sushi di Jepang sangat higienis dan aman untuk dimakan.

Kalau di Jepang Jangan Lupa Menyicipi Yakiniku

  

Yakiniku Makanan Jepang Paling Enak
Tidak ada yang meragukan kelezatan Yakiniku makanan Jepang paling enak.

 Yakiniku adalah makanan berupa daging yang dipanggang di atas bara api. Jika orang Barat biasa menyebutnya dengan barbeque. 

Karakteristik Yakiniku Makanan Jepang Paling Enak

Bahan-bahan yang bisa digunakan dalam memasak Yakiniku adalah cumi, ikan, daging sapi, ayam, babi, dan lain sebagainya. Sebelum dimasak daging ini terlebih dahulu dipotong-potong kecil untuk selanjutnya dipanggang.

Saus yang digunakan juga terbuat dari shoyu yaitu kecap asin khas Jepang, mirin atau anggur beras, sake atau minuman beralkohol khas Jepang, wijen, bawang putih, dan gula. Semua bahan tersebut di aduk menjadi satu dan menghasilkan saus Yakiniku.

Selanjutnya Yakiniku akan siap dimasak. Siapkan panggangan dan ambil daging yang telah dipotong-potong. Celupkan ke bahan campuran saus dan letakkan di atas panggangan. Setelah itu balikkan daging dan tunggu hingga coklat kemerahan dan siap untuk disantap. 

Enak Dimakan Bersama Dengan Shabu-Shabu

Makanan lain yang cocok untuk mendampingi Yakiniku adalah Shabu-Shabu. Jenis makanan ini merupakan tipe sayuran yang direbus dalam kuah kaldu. Pertama siapkan kaldu ayam, sapi ataupun daging lainnya dan masak di atas api. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan jenis sayuran seperti jamur, pakcoy, sawi, wortel, tofu, dan berbagai macam bahan sayuran lainnya. 

Kedua makanan ini sangat enak dimakan dengan nasi hangat utamanya dalam cuaca yang dingin. Proses memasaknya juga langsung dilakukan di meja makan sehingga dapat dinikmati selagi hangat. 

Itulah Yakiniku makanan Jepang paling enak yang cocok dinikmati bersama-sama keluarga ataupun sahabat.

Orang Jepang Paling Suka Naik Sepeda, Ini Alasannya

  

Suasana Parkir Sepeda di Jepang
Suasana parkir sepeda di Jepang sarat dengan ketertiban, teratur, dan sangat rapi.

 Bukan rahasia lagi jika orang Jepang gemar menggunakan sepeda sebagai transportasi saat beraktivitas. Selain karena biayanya yang murah, mencari parkirnya juga tidaklah sulit.

Banyak orang Jepang yang memanfaatkan sepeda untuk berangkat kerja, berbelanja ke pasar, maupun anak-anak bersekolah. Biasanya bersepeda dapat dilakukan pada musim semi dan musim gugur karena cuaca tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin.

1. Suasana Parkir Sepeda di Jepang

Untuk memarkir sepeda disediakan area khusus dengan tarif sekitar 100 yen atau sekitar Rp. 10.000. Hal ini tentunya lebih murah dibandingkan dengan parkir kendaraan bermotor. Suasana parkir juga rapi, bersih, dan dijamin aman karena telah dilengkapi dengan kunci pengaman.

Jangan sekali-sekali memarkir sepeda Anda di sembarang tempat karena petugas akan mengangkut sepeda Anda dan membawanya ke tempat penampungan. Belum lagi prosedur tilang sepeda di Jepang juga cukup melelahkan. Maka dari itu parkir sepeda Anda di tempat yang ditentukan.

2. Canggihnya Parkiran Sepeda di Jepang

Baru-baru ini terdapat parkiran sepeda yang berbentuk pod atau gerbang. Pemilik sepeda harus menggunakan kartu akses dan meletakkan sepedanya di mesin pod tersebut. Secara otomatis sepeda akan diatur dan diparkir sesuai dengan nomor barcode yang tertera.  

Jika ingin mengambil sepeda cukup tekan tombol dan masukkan kode tertentu, nanti sepeda Anda akan langsung tersedia di mesin pod awal Anda memarkirkannya. Canggih bukan.

Begitulah kecanggihan suasana parkir sepeda di Jepang.

Alasan Orang Tokyo Memilih Naik Kereta Daripada Mobil

  

Orang Tokyo Lebih Memilih Naik Kereta Daripada Mobil, Kenapa?
Ternyata orang Tokyo memilih naik kereta daripada mobil. Hal ini terjadi tentunya bukan tanpa alasan. 

 Meski faktanya bahwa negara Jepang merupakan negara penghasil kendaraan bermotor terbesar di dunia. 

Masyarakat Jepang lebih memilik untuk naik transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Hal ini menyebabkan kota Tokyo tidak dilanda kemacetan parah seperti beberapa kota besar lain di negara berkembang. 

Alasan Orang Tokyo Memilih Naik Kereta Daripada Mobil

1. Mahalnya Biaya Mobil Pribadi 

Ada beberapa kewajiban yang harus dipenuhi apabila bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti biaya parkir, biaya pajak, biaya pembuatan SIM. Kesemua biaya tersebut akan sangat mahal harganya dibandingkan apabila penduduk Tokyo menggunakan transportasi kereta api. 

Bayangkan saja harga parkir di Tokyo bisa mencapai 100-500 yen dalam satu jam pertama. Jika di konversi ke rupiah bisa mencapai Rp. 40.000-70.000/jam. Belum lagi kewajiban membayar pajak yang cukup tinggi dan membeli bahan bakar bensin yang juga tidak dapat dikatakan murah.

2. Ketepatan Waktu

Dibandingkan mengendarai mobil yang tidak menentu kapan sampainya, penduduk Tokyo lebih memilih menggunakan kereta karena tingkat ketepatan kereta di Jepang sangatlah tinggi. Mereka akan sampai tepat pada waktu yang diperhitungkan tanpa mengalami keterlambatan.

3. Bisa Sekaligus Berolahraga

Orang Jepang sangat gemar berjalan kaki dan berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sehingga wajar mereka lebih memilih naik kereta sekaligus berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi. 

Itulah beberapa fakta bahwa orang Tokyo memilih naik kereta daripada mobil. Menurut mereka menggunakan kereta tentu lebih murah, mudah, dan nyaman.

Ini Alasannya, Kenapa Orang Jepang Tidak Suka Naik Motor

  

Alasan Orang Jepang Tidak Tertarik Naik Motor
Ada yang menyebutkan bahwa orang Jepang tidak tertarik naik motor. Apakah pernyataan ini merupakan sebuah fakta?

 Yuk kita simak artikel berikut ini untuk tahu lebih banyak tentang mengapa masyarakat Jepang tidak tertarik menggunakan motor sebagai transportasi sehari-hari. 

Orang Jepang Tidak Tertarik Naik Motor

Hal tersebut memang sebuah fakta, dimana semua kalangan di Jepang dari tua dan muda tidak suka menggunakan sepeda motor. Hal ini tentu ada penyebabnya. Beberapa penyebab penduduk Jepang malas menggunakan sepeda motor adalah

1. Fasilitas Transportasi Umum yang Baik

Segala fasilitas umum di Jepang terpelihara dengan sangat baik. Transportasi umum seperti bus, kereta, dan yang lainnya juga sangat nyaman dan terintegrasi. Selain itu sepeda juga menjadi favorit masyarakat Jepang karena lebih mudah digunakan daripada sepeda motor.

2. Pajak Motor yang Cukup Tinggi

Pemerintah memungut pajak yang cukup tinggi dari kepemilikan kendaraan bermotor. 

3. Biaya Parkir yang Cukup Tinggi

Bukan hanya pajak,  ternyata pemerintah Jepang juga memungut iuran parkir yang cukup tinggi bagi pengguna kendaraan pribadi. Bahkan biayanya bisa lebih mahal daripada menggunakan angkutan umum.

4. Kurang Cocok Saat Musim Dingin

Karena negara ini memiliki 4 musim, maka mengendarai sepeda motor di musim dingin dan bersalju akan sangat menyiksa untuk si pengendara. 

Meski Jepang merupakan salah satu negara penghasil motor terbesar di dunia, fakta menyebutkan bahwa orang Jepang tidak tertarik naik motor karena beberapa alasan di atas.

Mengulas Shinkansen Kereta Cepat Jepang

  

Shinkansen: Kereta Cepat Jepang Transportasi Favorit Antar Kota
Kereta cepat Jepang atau lebih dikenal dengan kereta peluru adalah salah satu transportasi andalan bagi penduduk Jepang.

 Di negaranya sendiri kereta ini dikenal dengan nama Shinkansen. Kereta ini sering digunakan oleh masyarakat Jepang untuk melakukan perjalanan jauh dari kota ke kota meski tarifnya lumayan mahal. Bahkan konon kereta ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 320 km/jam.

Fakta Unik Kereta Cepat Jepang

1. Selalu Tepat Waktu

Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang terkenal dengan ketepatan waktunya termasuk juga Shinkansen ini.  Kereta ini hampir tidak pernah terlambat. Apabila mengalami keterlambatan, paling lama hanya dalam hitungan detik dan tidak pernah mencapai hitungan menit.

2. Beroperasi sejak tahun 1964

Kereta ini sudah mulai dioperasikan pada saat Olimpiade Tokyo yaitu di tahun 1964. Rute perjalanan pertama dibuka dari Tokyo ke Osaka yang memiliki jarak sekitar 506 km. Dengan menggunakan Shinkansen waktu tempuh hanya sekitar 2 jam.

3. Kereta Ramah Lingkungan

Emisi karbon yang dikeluarkan oleh kereta ini hanya menghasilkan sekitar 16% dari gas CO2 kendaraan bermotor lainnya. Maka dari itu kereta ini diklaim sangat ramah terhadap lingkungan

4. Standar Keamanan Maksimal

Meski berkendara dengan kecepatan cukup tinggi, hampir selama 56 tahun beroperasi, tidak ada kecelakaan parah yang merenggut korban jiwa. Kereta ini juga di klaim sangat aman digunakan meski terjadi gempa bumi dan badai.

Itulah beberapa keunggulan kereta cepat Jepang. Indonesia juga mulai merintis mengembangkan kereta cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Karakter Orang Jepang yang Patut di Contoh

 

Karakter Orang Jepang yang Patut di Contoh
Karakter orang Jepang dikenal dengan sifat-sifat yang positif. 

 Sejak lahir hingga dewasa mereka sudah terbiasa melakukan hal-hal yang baik dalam kesehariannya. Beberapa sifat dari orang Jepang yang patut ditiru seperti giat bekerja dan selalu berusaha menerapkan pola hidup sehat.

Karakter Orang Jepang Berdedikasi Pada Pekerjaannya

1. Tekun dan Pekerja Keras

Orang Jepang dikenal sebagai pribadi yang sangat ulet dan tekun dalam melakukan pekerjaannya. Bahkan ada istilah karoshi yang artinya mati karena terlalu banyak bekerja.

2. Selalu Tepat Waktu

Tidak ada istilah terlambat bagi orang Jepang. Mereka sangat menghargai waktu sehingga selalu datang tepat waktu jika memiliki janji. 

3. Bekerjasama dengan Baik

Dalam bekerja, mereka sangat mengutamakan kerjasama dalam tim daripada kerja individu. 

Karakter Menerapkan Pola Hidup Sehat

1. Mengutamakan Kebersihan

Pendidikan kebersihan dimulai sejak dini. Dari masa sekolah, mereka terbiasa bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah karena biasanya sekolah tidak memiliki petugas kebersihan. 

2. Makan Makanan Sehat

Masakan Jepang kebanyakan berupa makanan yang dikukus, direbus dengan bumbu lokal tanpa mengandung minyak dan santan. Makanan yang dikonsumsi seperti ikan, buah, sayur, dan sedikit daging. Makanan pokok mereka adalah nasi, tetapi dengan lauk pauk yang sehat. 

3. Aktif Bergerak

Mereka biasa bergerak dalam keseharian seperti berjalan kaki dan bersepeda. Begitupun apabila berangkat kantor atau sekolah. Mereka lebih memilih menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. 

Itulah beberapa karakter orang Jepang yang positif patut kita tiru.

Aturan Bersepeda di Jepang, Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

  

Aturan Bersepeda di Jepang, Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan
Buat Anda yang ingin bersepeda di Jepang, yuk kenali dulu aturan bersepeda di Jepang.

 Jika Anda akan berlibur ke Jepang, dan berencana menggunakan sepeda, Anda harus memahami berbagai peraturan bersepeda yang dimiliki negara tersebut.

Aturan Bersepeda di Jepang

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh pengendara sepeda di Jepang

  1. Pengendara sepeda menggunakan sisi kiri jalan dan di jalur yang telah ditentukan.
  2. Diperbolehkan naik ke trotoar apabila (a) terdapat tanda boleh bersepeda, (b) jalanan terlalu sempit atau terlalu padat. 
  3. Selain itu pengguna sepeda harus memberi prioritas kepada pejalan kaki dengan tidak memencet bel. Bila perlu, pengguna sepeda harus turun dari sepedanya apabila ingin berjalan di trotoar.
  4. Menyalakan lampu siang hari saat melalui cuaca berkabut. Dan juga wajib menyalakan lampu sepeda saat berkendara di malam hari.
  5. Memperhatikan lampu lalu lintas.
  6. Melengkapi diri dengan alat keselamatan (helm, pelindung lutut dan siku)
Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Bersepeda di Jepang
  1. Dilarang bersepeda secara berdampingan apalagi sampai mengobrol di atas sepeda.
  2. Dilarang mengendarai sepeda saat di bawah pengaruh alkohol atau mabuk.
  3. Dilarang menggunakan payung, ponsel pada saat mengendarai sepeda termasuk mendengarkan musik melalui headset.
  4. Dilarang memarkir sepeda sembarangan. Carilah tempat parkir sepeda terdekat. 

Aturan bersepeda di Jepang memang cukup kompleks daripada di negara kita. Apabila Anda tidak mematuhi peraturan maka akan dikenakan sangsi dan denda sesuai dengan aturan yang berlaku.

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Siap-siap, Jangan Kaget

 Tentu banyak alasan yang membuat Facebook ganti nama menjadi Meta.

Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Siap-siap, Jangan Kaget

Bagi Anda pengguna media sosial 'Facebook' jangan sampai kaget nanti akun Facebook Anda berubah menjadi Meta, sebelum bertanya-tanya mari cari tau alasan CEO Facebook merubah nama Facebook menjadi Meta ini dibawah; 

Platform media sosial terbesar di dunia, Facebook, resmi mengganti namanya dengan Meta. Perubahan nama tersebut diumumkan pada konferensi augmented reality dan virtual reality Facebook Connect, Kamis (28/10/2021) lalu.

Nama baru ini mencerminkan ambisi perusahaan yang berkembang di luar media sosial. Facebook, atau sekarang disebut sebagai Meta, telah mengadopsi moniker baru, berdasarkan metaverse istilah science-fiction (sci-fi), untuk menggambarkan visinya dalam bekerja dan bermain di dunia virtual.

"Hari ini kami terlihat sebagai perusahaan media sosial, tetapi dalam DNA kami, kami adalah perusahaan yang membangun teknologi untuk menghubungkan orang, dan metaverse adalah perbatasan berikutnya seperti halnya jejaring sosial ketika kami memulainya," kata CEO Meta Mark Zuckerberg, dikutip dari CNBC International.

Facebook mengatakan dalam mengumumkan nama baru akan mengubah ticker sahamnya dari FB menjadi MVRS, efektif 1 Desember. Perubahan nama ini juga membuat harga saham Meta ditutup naik pada Kamis.

Pada Juli lalu, Facebook mengumumkan pembentukan tim yang akan bekerja di metaverse. Dua bulan kemudian, perusahaan berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS) mengatakan akan mengangkat Andrew "Boz" Bosworth, yang saat ini menjadi kepala divisi perangkat keras perusahaan, ke peran sebagai chief technology officer pada tahun 2022.

Kemudian dalam hasil pendapatan kuartal ketiga pada Senin, perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan membagi Reality Labs, divisi perangkat kerasnya, ke dalam segmen pelaporannya sendiri, mulai dari kuartal keempat.

"Harapan kami adalah bahwa dalam dekade berikutnya, metaverse akan menjangkau satu miliar orang, menampung ratusan miliar dolar perdagangan digital, dan mendukung pekerjaan bagi jutaan pencipta dan pengembang," tulis Zuckerberg dalam sebuah surat pada Kamis.

Perusahaan juga mengatakan minggu ini akan menghabiskan sekitar US$ 10 miliar selama tahun depan untuk mengembangkan teknologi dalam membangun metaverse.

Zuckerberg mengatakan banyak dari ini masih jauh dari selesai. Setidaknya elemen metaverse berpotensi menjadi arus utama dalam lima hingga 10 tahun. Perusahaan mengharapkan "untuk menginvestasikan miliaran dolar untuk tahun-tahun mendatang sebelum metaverse mencapai skala besar," tambah Zuckerberg.

"Kami percaya metaverse akan menjadi penerus internet seluler," kata Zuckerberg.

Re-branding terjadi di tengah rentetan laporan berita selama sebulan terakhir setelah Frances Haugen, mantan karyawan yang menjadi whistleblower (pelapor), merilis sejumlah dokumen internal perusahaan ke outlet berita, anggota parlemen dan regulator.

Laporan menunjukkan bahwa perusahaan menyadari banyak kerugian yang disebabkan oleh aplikasi dan layanannya, tetapi tidak memperbaiki masalah atau berjuang untuk mengatasinya. Bahkan ada lebih banyak dokumen diharapkan akan dibagikan setiap hari selama beberapa minggu mendatang.

31 Oktober: Happy Halloween Day, Ini Sejarah Halloween Asal Mulanya

 

31 Oktober: Happy Halloween Day, Ini Sejarah Halloween Asal Mulanya

Sejarah hari halloween

Halloween Day: Sejarah perayaan hari Halloween setiap malam tanggal 31 Oktober memiliki catatan tersendiri. Di era kekinian, Halloween cenderung dimaknai pesta yang ditandai kostum hantu, simbol Jack-o-lantern, atau anak-anak yang bermain ‘Trick or Treat’. Namun ternyata Halloween adalah adaptasi dari festival terbukanya pintu menuju Dunia Kematian.

Asal-usul Halloween konon dimulai dari festival Samhain dari tanah Britania Raya. Festival ini digunakan untuk memperingati perubahan drastis dari musim panen menuju musim dingin, atau musim yang dipenuhi makanan menuju musim dengan hari-hari berat kala manusia berjuang untuk sekadar bertahan hidup.

Hari festival Samhain dianggap sebagai momen terbukanya pintu ke Dunia Kematian, sehingga para roh yang telah mati, bangkit kembali dan mengunjungi rumah mereka. Kadang kala muncul roh jahat, yang harus diusir dengan api unggun dan kostum aneh. Dari sinilah konsep kostum unik Halloween muncul.

Di samping festival Samhain, Halloween juga berhubungan dengan hari Raya Semua Orang Kudus (Hari Raya All Hallow). Kata Halloween sendiri merupakan kependekan ‘All Hallows Even‘ atau momen petang sebelum Hari Raya All Hallow. Dalam sejarahnya, Paus Gregorius III dan IV menggunakan kebijakan mereka untuk mengubah perayaan pada 31 Oktober ini menjadi sebuah perayaan keagamaan.

Kini, Halloween cenderung dimaknai sebagai pesta hantu semata. Ada anak-anak berkostum menyeramkan yang akan mengetuk pintu rumah-rumah penduduk. Mereka berteriak  ‘Trick or Treat’ yang bermakna, sang tetangga harus ‘menyuap’ mereka dengan permen jika tidak mau dijahili.

Ada pula hiasan khas Halloween, Jack-o’-lantern yang berupa labu kuning. Ditambah cahaya lilin atau lampu yang meneranginya, dan ukiran wajah seram sedemikian rupa, labu kuning ini jadi sesuatu yang tak bisa dilewatkan. Bahkan, para orang dewasa juga tidak mau ketinggalan. Berpakaian hantu, yang kadang terlewat seksi, juga merupakan bentuk partisipasi mereka pada Halloween yang sudah berubah maknanya.

Dewi Durga Tak Seseram yang Anda Kira, Beliau Penyelamat Kita dan Bertugas Membasmi Kejahatan

 Kebanyakan umat Hindu mengira bahwa Dewi Durga adalah dewi yang menakutkan dan menyeramkan, padahal tidak seperti itu. Bahkan di Bali, dewi Durga dilambangkan dalam bentuk Rangda. 

Dewi Durga Tak Seseram yang Anda Kira, Beliau Penyelamat Kita dan Bertugas Membasmi Kejahatan

Mungkin anda tidak tahu bahwa Dewi Durga adalah dewi yang bertugas untuk membasmi kejahatan dan menolong orang-orang yang teraniaya. Dewi Durga adalah istri dari Dewa Siwa dan memiliki beberapa putra diantaranya Dewa Ganesha, Dewa Kumara atau Kartikeya, dan Dewa Kala. Jika anda beranggapan bahwa Dewi Durga dipuja oleh orang-orang jahat dan penganut ilmu hitam, mulai sekarang anda harus menghapus anggapan keliru itu. Sebenarnya Dewi Durga itu dipuja oleh orang yang terancam jiwanya. Mereka memohon anugerah berupa kesaktian dari Dewi Durga untuk membasmi orang-orang jahat. Dewi Durga juga dipuja oleh orang-orang penekun dunia spiritual Tujuannya untuk menolong orang-orang yang terancam jiwanya seperti terserang penyakit non medis. Dewi Durga bukan hanya dewa pelebur, pemusnah, dan pembasmi. Beliau juga bersedia menyembuhkan orang-orang yang memiliki penyakit yang sudah sekarat. Makanya di Bali ada istilah Nunas di Dalem atau Nebusin, dan lain-lain. Tujuannya untuk menentukan apakah beliau berkenan untuk menyembuhkan atau mencabut nyawanya. Barangsiapa memuja beliau, maka mereka dipastikan akan dijauhkan dari segala mara bahaya. Di Indonesia ada konsep yang salah mengenai Dewi Durga. Beliau dianggap sebagai ratunya para setan Dedemit. Padahal beliau ini menguasai mereka. Dan jika tanpa beliau, maka semua unsur iblis ini akan merajalela tidak terkendali. Di India dan di seluruh dunia beliau adalah dewi yang paling dipuja demi mendapatkan perlindungan dari serangan ilmu hitam.

Apakah anda tahu? diantara semua dewa, mana yang paling dipuja oleh umat Hindu pada saat hari Galungan? Tentu saja Dewi Durga. Makanya di Bali pada saat hari Galungan pasti memasang Sampian Candigaan. Karena Candigaan berasal dari kata Candika, sementara Candika adalah nama lain dari Dewi Durga. Jika di India ada perayaan khusus untuk memuja Dewi Durga, perayaan itu bernama Durga Puja dan Kalipuja. Sementara di Bali tidak ada perayaan khusus yang memuja Dewi Durga. Karena Stana Dewi Durga hanya ada di pura Dalem dan di kuburan { Pelinggih Hyang Berawi }. Sedangkan Piodalan di pura Dalem selalu tidak sama antara desa satu dengan desa lainnya. Dewi Durga sebagian besar dipuja oleh penganut aliran Tantrayana.

Ciri khas persembahan untuk Dewi Durga adalah daging babi. Makanya pada saat hari Penampahan Galungan, masyarakat Bali membuat Upakara di halaman rumah berupa Pabiakalan didasari Apejatian, Tebasan Galungan, Penyeneng, dan Canang Genten yang dipersembahkan kepada Dewi Durga. Pada saat Penampahan juga memasang Penjor dengan Sanggah Cucuk sebagai tempat Upakara yadnya kepada Durga dalam wujud beliau sebagai Dewi Uma. Salah satu mantram yang sangat sederhana untuk yadnya kepada Durga adalah sebagai berikut : Om Catur Dewa Maha Sakti, Catur Asrama Bhatari, Siwa Jagatpati Dewi, Durga Sarira Dewi. Dalam bahasa Sanskerta, Durga berarti terpencil atau tidak bisa dimasuki. Sementara dalam bahasa Dewanagari, Durga berarti dewi kemenangan. Beliau memiliki beberapa senjata diantaranya Cakram, petir, teratai, ular, pedang, Gada, terompet kerang, dan Trisula. Sementara kendaraannya adalah Dawon yang artinya macan atau singa. beliau memiliki banyak tangan dan memegang banyak tangan dengan posisi Mudra. Dewi Durga memiliki banyak nama diantaranya Dewi Uma, Dewi Parwati, Dewi Kali, Dewi Candika dan lain-lain.

Dalam sebuah lontar Purwagama Sasana disebutkan bahwa dewi Durga memiliki lima pancaran sakti yang disebut Panca Durga yaitu Kala Durga, Durga Suksmi, Sri Durga, Sri Dewi Durga, dan Sriaji Durga. Semua itu merupakan kekuatan yang maha luar biasa dapat memberikan ketenteraman dan juga dapat menimbulkan bencana. Inilah yang menguasai ke 5 arah mata angin. Karena itu pada saat ritual Pengerehan atau Transformasi, kekuatan inilah yang dimohonkan untuk hadir dan bersedia untuk berstana dalam sebuah Tapakan Ida Bhatara berupa Rangda.

Cara agar video Youtube kita ada dihalaman pertama pencarian

 Cara Agar Video Youtube Kita Ada di Halaman Pertama

 Ketika konten video kita bisa meraih posisi sempurna alias halaman pertama di pencarian Youtube, tentu hal tersebut akan berdampak sangat bagus bagi kemajuan channel. Karena apabila konten sudah berhasil menguasai setidaknya peringkat 10 besar, besar kemungkinannya akan ditonton oleh banyak orang. Selain itu, watchtime pun akan naik, dan itu juga bisa meningkatkan ranking video kita untuk lebih naik lagi. Tidak luput juga penghasilan adsense Youtube kita yang pastinya siap panen tiap bulannya

Bagi para pemula, untuk bisa menguasai halaman satu Youtube mereka anggap sebagai momok yang menyulitkan. Karena mereka harus bersaing dengan para Youtuber senior yang sudah terlebih dahulu menduduki peringkat atas pencarian.

Untuk bisa masuk ke halaman pertama Youtube adalah suatu hal yang memang bisa saya katakan sulit, namun bukan berarti mustahil. Layaknya Google, Youtube juga memiliki algoritmanya dalam mengatur setiap perubahan posisi seluruh konten. Salah satu yang paling sering kita dengar adalah SEO (Search Engine Optimization).

Cara Agar Video Youtube Kita Ada di Halaman Pertama Pencarian

SEO adalah teknik optimasi konten untuk mesin pencari. Yang mana dari penerapan SEO tersebut, akan dapat mendongkrak naik posisi konten video dihasil pencarian sehingga dapat dengan mudah ditemukan oleh penonton.

Optimasi SEO sendiri memiliki banyak sekali elemen pendukung didalamnya, seperti kata kunci (keyword), tag, judul, thumbnail, deskripsi, durasi dan lain sebagainya.

Meski terdengar cukup sulit dan agak njelimet, bukan tidak mungkin juga seorang pemula bisa mendapatkan ranking terbaik dipencarian. Karena dalam penentuan peringkat konten di pencarian, dipengaruhi oleh banyak sekali faktor diantaranya.

Faktor penentu ranking konten video Youtube di pencarian

Salah satu syarat terbaik untuk bisa mendapatkan posisi atas pada pencarian Youtube adalah dengan menerapkan SEO. Dan berikut, 8 faktor yang menentukan ranking video Youtube di pencarian.

#1. Pemilihan Judul

Faktor terpenting dalam penentuan ranking dari sebuat video di pencarian adalah judul. Judul menjadi peran utama karena mesin algoritma Youtube atau bahkan manusia sekalipun, saat sedang mencari sebuah video, tentu tujuan utama mereka adalah membaca judul untuk mengetahui seberapa bermanfaatkan isi video yang disajikan meski belum ia tonton.

Itulah sebabnya mengapa sebuah konten video dengan isi yang sangat bagus dan bermanfaat namun diisi dengan judul yang "gak karuan" pasti kalah dengan video yang isinya tergolong biasa saja, tapi kombinasi tiap kata dalam judul dioptimasi dengan benar.

#2. Durasi Video

Youtube memberikan ranking di pencarian juga dipengaruhi oleh durasi dari video. Itulah sebabnya mengapa konten video dengan isi podcast yang biasanya berdurasi hampir 1 jam bahkan lebih, sering nongkrong di peringkat atas pencarian, bahkan sering kali kita jumpai muncul di beranda Youtube.

Hal itu berpengaruh ke seberapa lama orang menonton video kita, semakin panjang durasi yang mereka tonton, maka ranking yang akan didapat video tersebut bergerak kian keatas seiring bertambahnya penonton.

Selain itu, mengapa video dengan durasi penjang lebih diprioritaskan? karena robot Youtube menganggap bahwa video dengan durasi yang panjang memiliki isi yang lebih lengkap dan bisa menjawab rasa penasaran penonton dibanding dengan video yang hanya berdurasi beberapa menit saja.

#3. Watchtime

Poin ketiga ini sangatlah berkaitan dengan panjang durasi video seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. Watchtime adalah durasi orang saat menonton video kita. Semakin banyak watchtime yang didapat dari sebuah video, tentu peringkat yang akan diberikan oleh Youtube juga semakin bagus.

Karena Youtube menganggap bahwa penonton merasa nyaman dan terpuaskan saat menonton konten video kita, sehingga video tersebut akan direkomendasikan lagi ke orang lain.

#4. Jumlah View

Sebenarnya, jumlah view tidak bisa sepenuhnya jadi patokan pada saat Youtube melakukan perankingan. Dan jumlah view juga tidak dapat menjadi indikator mutlak bahwa isi video yang disajikan berkualitas.

Tapi nyatanya, faktor tersebut jelas dapat mempengaruhi peringkat yang diberikan. Karena algoritma Youtube sendiri berpikir bahwa video dengan jumlah view banyak adalah video dengan isi yang bagus dan disenangi penonton. Dan jelas jika audience retention serta engagement yang didapat tinggi, akan berdampak juga pada peningkatan ranking video.

#5. Jumlah Like

Masih dalam bahasan algoritma Youtube dalam penentuan ranking video, jumlah like juga memiliki peran penting sama halnya dengan view. Dimana video dengan jumlah like yang banyak akan menduduki peringkat atas pada pencarian jika dibanding dengan konten yang memilki banyak dislike. Karena hal tersebut mengacu pada audience retention dan engagement, sehingga Youtube beranggapan bahwa video tersebut layak untuk direkomendasikan.

#6. Tag Video

Dalam bahasan SEO Youtube, saya sudah menjelaskan seberapa pentingnya peran tag untuk posisi video yang didapat pada hasil pencarian. Tag berguna sebagai label informasi dari konten video untuk diberitahukan kepada algoritma, sehingga Youtube mengetahui apa yang dibahas dalam video tersebut. Apakah motovlog, gaming, prank dan sebagainya.

Ditiap kesamaan yang didapat saat orang mengetikkan kata kunci pada bilah pencarian di Youtube terhadap tag yang ditautkan dalam video, 100% mempengaruhi ranking dari video.

Jika ternyata ditiap kata yang ditulis pada pencarian tersebut sama dengan tag yang ada, maka besar kemungkinannya jika ranking yang akan didapat oleh video kamu bisa berada diposisi atas/halaman pertama.

#7. Deskripsi

Banyak dari praktisi SEO mengatakan bahwa peran deskripsi sangatlah vital dalam search engine. Meski pada dasarnya sangat jarang orang mau membaca deskripsi terlebih dahulu sebelum menonton video. Tapi kenyataanya, bahwa sistem algoritma Youtube memberlakukan peran yang sama pentingnya antara judul dan deskripsi.

Sehingga banyak dari video dengan deskripsi yang lengkap, panjang, serta terselip kata kunci, berkemungkinan besar mendapat halaman pertama di pencarian. Karena itu besar keterkaitannya dengan apa yang dibutuhkan penonton, semakin kamu mampu menjelaskan secara detail apa maksud dari video tersebut kedalam deskripsi, maka akan semakin baik pula posisi yang didapat.

#8. Kualitas Video

Kalian pernah berpikir tidak mengapa posisi teratas pada hasil pencarian 100% didominasi oleh video dengan kualitas HD. Selama hidup saya, sekian tahun saya menjelajahi Youtube, tidak pernah yang namanya saya menemuka video dengan kualitas visual biasa saja bisa menempati urutan atas.

Kualitas video ini juga erat kaitannya dengan watchtime serta like, Youtube membaca ini berdasar perilaku para penonton terhadap video kita. 

Apabila video kita memiliki kualitas gambar yang bagus, maka orang akan betah menonton, dan watchtime pun panjang > bagus untuk posisi di pencarian.

Apabila kualitas gambar pada video kita keren, maka orang tidak akan segan untuk memberikan like sehingga video terkesan diminati banyak orang > besar kemungkinan halaman pertama.

Tips Agar Video Muncul di Halaman Pertama Pencarian Youtube

Dari apa yang sudah saya jelaskan tentang 8 faktor penentu peringkat dari sebuah video, berikut akan saya bagikan juga bagaimana cara dan tips agar video kita dapat muncul di halaman pertama pencarian.

#1. Sisipkan Kata Kunci (Keyword) Kedalam Judul

Sebaiknya bagi kamu yang belum tahu, silakan baca terlebih dahulu Apa itu Keyword.

Tips pertama agar bisa masuk halaman pertama adalah dengan menyisipkan kata kunci kedalam judul. Misalnya saja, setelah kamu melakukan riset kata kunci, dan kata kunci yang didapat adalah Cara Jadi Youtuber.

Kemudian kamu membuat video tersebut, nah optimasi yang dilakukan pada judul ialah dengan menyisipkan kata kunci "Cara Jadi Youtuber" diantara kombinasi kata-kata lain. Contohnya, 5 Rahasia Cara Menjadi Youtuber Sukses dan sebagainya. Cara Optimasi Judul.

#2. Optimasi Thumbnail Video

Optimasi Thumbnail sendiri bisa dengan penggunaan gambar dengan kualitas tinggi. Gunakannlah gambar dengan cahaya yang enak dilihat serta tidak pecah, jangan gunakan gambar yang tidak sopan atau senonoh.

Modifikasi thumbnail dengan menyisipkan sedikit tulisan, entah itu berupa cuplikan percakapan, adegan inti dari video dan sebagainya.

#3. Buat Video dengan Durasi Lebih Panjang dari Kompetitor

Dari penjelasan saya diatas mengenai durasi video, maka dapat disimpulkan bahwa kamu harus membuat video dengan durasi melebihi kompetitor alias pesaing. Jika pesaing kamu diurutan pertama memiliki video dengan durasi 10 menit, maka buatlah video yang sama dengan durasi diatas 10 menit.

#4. Share Video ke Sosmed

Sudah dijelaskan juga bahwa jumlah view ikut berperan dalam penentuan posisi video di pencarian. Nah, bagi kamu yang belum memiliki banyak subscriber, kamu bisa coba share konten ke berbagai macam sosial media untuk mendapatkan view, dengan itu posisi dari video kamu dihasil pencarian bisa tertolong.

#5. Optimasi Tag Video dengan Kata Kunci

Sama halnya dengan judul, kamu perlu menyisipkan kata kunci utama kedalam tag, agar memudahkan Youtube dalam membaca informasi dari video kamu.

Cobalah sisipkan kata kunci utama beserta turunannya, misal jika keyword utamanya adalah "Cara Masak Mie", maka keyword turunannya bisa cara masak mie goreng, mie pedas, mie kuah, dan sebagainya. Cara Optimasi Tag.

#6. Bahas Topik yang Sedang Trending

Segala apapun jika itu sedang hangat dibicarakan, atau trending. Maka akan banyak orang mencarinya di Google atau Youtube untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai berita tersebut.

Misalnya jika saat ini sedang trend Tiktok, maka kamu bisa membuat konten dengan mengusung topik tersebut, entah itu berupa video reaction, atau mungkin kamu bisa membuat tiktok itu sendiri.

Namun, tetap jangan pernah menghilangkan bagaimana ciri khas dan jati diri kamu yang sudah banyak diketahui orang sebelumnya. Agar kamu tidak terkesan mengikut-ikuti topik dari Youtuber lain.

#7. Buat Konten Evergreen

Apa itu konten Evergreen? Konten evergreen adalah konten yang masih dicari dan akan tetap terus dicari meski sudah dibuat sejak beberapa tahun lalu. Atau bila diartikan, evergreen artinya selamanya hijau (selalu dibutuhkan).

Nah, kamu bisa membuat konten semacam itu, karena konten dengan pembahasan seperti itu, sampai kapan pun akan terus dibutuhkan dan dicari. Contohnya seperti tutorial, edukasi, musik dan lainnya.

#8. Konsisten Mengunggah Konten

Untuk bisa menguasai ranah pencarian Youtube itu terbilang sulit-sulit gampang, yang diperlukan disini hanyalah konsistensi kamu sebagai seorang konten kreator dalam membuat konten. Jika kamu mampu konsisten membuat video 2 hari sekali dan mengunggahnya, maka Youtube akan menilai kamu sebagai Youtuber yang niat. Sehingga secara tidak langsung, ia akan selalu merekomendasikan video channel kamu karena dianggap lebih sering update.

Sehingga, para penonton yang berlangganan ke channel kamu nantinya, tidak akan ketinggalan hiburan atau informasi terbaru.

#9. Buat Konten dengan Satu Niche/Topik

Sebenarnya, poin ini sangat riskan sekali utuk dibahsa diakhir kalimat. Karena pada dasarnya, untuk menentukan topik itu mesti ditentukan sejak awal membuat channel. Ingin diisi konten apakah channel kamu nantinya.

Karena hal ini erat kaitannya dengan tingkat kepercayaan Youtube terhadap channel kamu, jika kamu membahasa mengenai otomotif sejak awal berdiri hingga sekarang, maka Youtube akan menganggap channel kamu sebagai channel ahli dibidang otomotif dan akan direkomendasikan ditiap pencarian dalam hal otomotif.

Berbeda jika channel kamu berisi macam-macam topik, Youtube akan kesulitan dalam membaca tema yang diusung oleh channel kamu. Sehingga tidak jarang banyak Youtuber dengan isi konten gado-gado memiliki jumlah view yang naik turun tidak jelas.

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai cara agar video Youtube kita ada di halaman pertama pencarian. Pada intinya, yang paling penting adalah konsistensi, tekad dan semangat. Karena sepintar dan secerdas apapun kamu, kamu tidak akan pernah bergerak maju tanpa tekad dan semangat.

Cara Sukses Jadi YouTuber dan Menghasilkan Uang Banyak

Cara-jadi-youtuber-sukses-dan-menghasilkan-banyak-uang

 Pernah punya mimpi jadi youtuber populer yang dapat hasilkan uang banyak seperti Ria Ricis, Atta Halilintar atau seperti youtuber gaming Oura yang dapat meraup beberapa puluh juta dollar dari hobynya bermain game? Jaman saat ini pengin mimpi apa saja dapat kamu buat jadi kenyataan seandainya ada tekad dan kemauan yang kuat. 

Nikmatnya jadi youtuber uang dapat ngalir sendiri ke dompet. Janganlah buru-buru lihat enaknya guys, tetapi saksikan proses awalnya mereka seperti apakah jatuh bangunnya untuk ngebangun kanal mereka dari 0 sampai jadi populer seperti saat ini. Di sini kita akan kasih tahu bagaimana sih tips-nya agar bisa saja youtuber sukses seperti mereka. Ada cara-cara untuk jadi youtuber sukses dan hasilkan uang banyak yang perlu kamu ikuti sebelum akhirnya kamu bisa menjadi youtuber sukses seperti youtuber pujaan kalian. Tetapi perlu di ingat! Kunci khusus untuk sukses itu berdoa dan kerja keras.

1. Buat Channel Youtube

Ya pasti dong yang pertama harus kalian punyai ialah channel youtube, mustahil kan ingin jadi youtuber tidak punyai channel youtube. Nah triknya bagaimana sich membuat channel youtube? Sebetulnya dengan kalian membuat account gmail dan mensinkronkannya dengan youtube, automatis kalian sudah membuat account youtube kalian sendiri kok. Tetapi agar tidak bingung kita jelasin deh

 Tahap demi tahap Melalui PC

Cara 1: Membuka youtube.com di browser, di sini kamu tinggal Sign In (jika tidak pernah login sebelumnya)

Cara 2: Login gunakan account gmail yang kamu punyai

Cara 3: Jika sudah sukses login, saat ini kamu dapat akses menu profile youtube. Nah untuk bikin channelnya kamu hanya click simbol profile di samping kanan atas dan tentukan menu Settings

Cara 4: Selanjutnya pada tab Accounts kamu tentukan menu Create a new channel

Cara 5: Seterusnya kamu akan diminta nama channel yang ingin kamu bikin. Jika sudah click tombol Create Channel

Cara 6: Untuk percantik penampilan channel yang baru kamu bikin click tombol Customize Channel. Masukin dech photo profile kamu yang kece dan header spanduk yang memikat dan usai.

Melalui HP Android

Cara 1: Membuka program youtube. Jika belum login account gmail, silakan login dahulu. Jika sudah login, selanjutnya tap simbol profile yang ada di sudut kanan atas.

Cara 2: Tentukan menu Your channel selanjutnya tap simbol gear untuk mengatur penampilan profile channel seperti photo profile dan header spanduk. Usai!

Modal awalnya kamu untuk jadi youtuber sudah usai nih saat ini tinggal langkah selanjutnya.

2. Membuat account AdSense

Kalau ingin dapat uang dari beberapa video yang kamu unggah di Youtube, tentunya kamu harus juga membuat account Google AdSense yang mana akan salurkan iklan-iklan di videomu. Kamu hanya dibolehkan punyai satu account adsense ya untuk mempermudah pembayaran nanti. Sedang untuk menyangkutkan video dengan AdSense ini minimal kamu memerlukan 3 video orisinal yang sudah di unggah. Oia tidak boleh disangka dengan sudah membuat account AdSense dan punyai 3 video yang sudah diunggah automatis kamu segera dapat uang ya, perlu di ingat peraturan dan atau ketentuan youtube masalah AdSense ini selalu berbeda, dimulai dari jumlah minimum subscribers, watch time video sampai tipe content apa yang memperoleh AdSense. Jadi kamu harus perhatiin benar benar masalah yang ini.

3. Tetapkan Gagasan dan Ide channel

Untuk jadi youtuber yang sukses di sini kamu harus benar-benar pikirkan secara masak masalah content apa yang kamu ingin buat. Apa maksudnya untuk melipur orang, edukasi melalui trik dan tips dan lain-lain

4. Content yang memikat dan bermutu

Beberapa pilihan beberapa ide content yang dapat kamu buat jadi content untuk youtube mu misalnya seperti Game Walkthrough, Panduan, Mukbang, Ulasan, Trend sosial dan lain-lain. Waktunya tidak perlu panjang-panjang cukup 5-20 menit saja agar pemirsa tidak bosen Tetapi menurut kita content apa saja akan sering jadi menarik sepanjang itu dibikin dengan benar-benar dari dalam hati dan isinya bermutu dan yang terpenting ialah membuat content seperti spirit dan kekuatan kamu. Maka janganlah sampai buat content sembarangan ya guys.

5. Membeli keperluan videografi dan koreksi

Modal HP android saja tidak cukup! Memang tidak ada yang mustahil tetapi untuk membuat content yang menarik dan bagus perlu pengorbanan. Korban uang diantaranya. Untuk babak awalnya ini kalau dana kamu memang terbatas, kamu dapat tentukan camera dan PC yang seperti kantong. Jika kelak kamu sudah ada rejeki lebih dan uang tabungan sudah cukup baru dech membeli piranti piranti high spec Tetapi sebenarnya ini hanya alat simpatisan saja ya guys, sepanjang content kalian berguna untuk seseorang dan dicintai beberapa orang. Orang tidak akan melihat piranti apa yang kamu gunakan.

6. Terus belajar video editing

Masih noob masalah ubah video? Tidak ada hasil yang instant. Makin kerap kamu rajin mempertajam dan belajar langkah mengubah video ditanggung kamu bisa dan terlatih.

7. Jangan cuman unggah video

Di saat kamu pengin unggah video ada banyak faktor yang perlu kamu lihat, sebab sia-sia kalau content telah menarik dan bermutu tetapi dari penampilan tidak memikat untuk dilihat. Jadi kamu harus lihat hal berikut saat sebelum kamu unggah.

  • Judul Video

 Gunakan judul yang memiliki kandungan kata kunci (keyword), sebab bagaimana juga kamu harus memakai SEO (Search Engine Optimization) agar video mu ada di penelusuran yang berkaitan dengan content video mu

  • Thumbnail

 Itu loh gambar sisi depan video atau sama saja kaya cover video begitu. Jadi upayakan membuat thumbnail yang memikat dan dapat sebagai wakil keseluruhnya supaya memikat beberapa orang untuk menonton video kamu.

  • Deskripsi

 Membuat deskripsi video yang pasti, padat, tidak kaku dan tentunya memiliki kandungan kata kunci (keyword) di dalamnya.

  • Sertakan tag yang berkaitan 

Janganlah lupa selalu sertakan tag yang berkaitan dengan video sebab tag adalah seperti pengkategorian video hingga tag yang baik dan sesuai content video mu dapat membawa banyak pemirsa

  • Internet ngebut 

Modal terpenting guys! Ukuran file video bermutu sudah tidak perhitungan beberapa puluh MB kembali tetapi beberapa ratus MB bahkan juga perhitungan GB. Jika kamu hanya ngandelin signal dari hape ingin berapakah lama nungguin usai uploadnya?

  •  Promo channel dan video

Sehubungan kamu masih youtuber pemula, video yang sudah dibikin dan diunggah tidak bisa langsung disaksikan beberapa orang sebab kamu tentu belum punyai subscribers. Ya lebih kurang setahun lah untuk meningkatkan subscribers dan meningkatkan trafik secara alami. Tidak boleh nyerah! Kita promo saja ke lingkungan paling dekat seperti keluarga, saudara dan rekan. Dan promokan di medsos sosmed yang kamu punyai, group FB yang sesuai kontenmu tersebut. Syukur-syukur kalau ada temanmu yang youtuber dan sudah punyai subscribers banyak dapat tuch kamu ajak collab.

8. Komunikasi 2 arah

Sebagian orang sesudah melihat video kita, akan tinggalkan tanggapan. Beberapa tanggapan bagus dan membuat, tetapi ada pula yang negatif atau nyiyir. Terima semua tanggapan secara baik. Jika ada yang tanggapan buruk, kamu dapat menanggapinya dengan usaha untuk memberi video yang lebih bagus kembali. Ada tanggapan positif atau negatif mengisyaratkan jika mereka perduli dengan beberapa karyamu.

9. Niat dan semangat tidak mudah menyerah

Hal yang terpenting kalau kamu ingin jadi Youtuber luar biasa! Niat tidak mengkhianati hasil! Jadi sepanjang kamu sungguh-sungguh yang kamu lakukan, karena itu kamu akan cicipin hasilnya! "Bersabar ialah kunci segala hal!" Kemungkinan beberapa orang dapat trending dan populer dengan gampangnya! Tapi sejumlah besar harus berusaha susah payah dan berdarah-darah untuk merealisasikan mimpinya! Jika kamu percaya jika jadi Youtuber ialah harapan kamu, karena itu capailah mimpi itu!

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian terimakasi